Tuesday, August 9, 2016

Sosial Ekonomi

Posted By: Vinfire - 8:19 AM

Share

& Comment

Sosial Ekonomi

Penduduk Desa Panyaksagan memiliki kehidupan sosial dan ekonomi yang sangat bergantung pada hasil pertanian dan perantauan. Semua daerah mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai seornag petani, mereka memiliki penghasilan dari kegiatan bertani tersebut. Setiap harinya mereka bercocok tanam disawah dengan meraup penghasilan dari satu hectar sawah bisa mencapai Rp. 18.400.000 s/d Rp. 34.400.000. Adapun hasil panen yang didapat tidak dikelola, melainkan langsung dijual kepasar. Selain bertani, masyarakat Panyaksagan juga memiliki penghasilan ekonomi dari perantauan. Hampir setiap kepala keluarga memiliki anggota keluarga yang sedang merantau. Meski sebenarnya merantau itu tidaklah mudah, namun keinginan untuk memiliki tambahan penghasilan dan meningkatkan taraf hidup menjadi motivasi besar kebanyakan masyarakat untuk merantau. Jadi, tidak heran ketika survei daerah yang satu ini kita menemukan banyak logat Malaysia yang melekat pada cara interaksi warga.

Adapun jenis tanaman yang biasanya ditanam didesa panyaksagan ini bervariasi seperti padi, jagung, singkong, kedelai dan kacang hijau. Hanya saja, tanaman unggulan untuk daerah ini adalah jagung dan padi. Jagung dan padi asal daerah ini belum diolah sama sekali, hanya dijual mentah atau kering. Harga jagung yang mentah ( Baru dipetik ) berkisar Rp. 3.000 / Kg. Begitu pula harga padi yang mentah ( Baru dipetik ) berkisar Rp. 4.000 / Kg. Sedangkan harga kedelai berkisar Rp. 7.000/Kg dan Kacang Hijau berkisar Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000 per Kg. Selain berpenghasilan dari profesi petani dan perantauan, ada juga beberapa masyarakat yang memilih untuk mencoba beternak. Kebanyakan setiap warga didesa panyaksagan ini memiliki peternakan seperti sapi, kambing, dan ayam dengan skala yang tidak terlalu besar.

About Vinfire

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Panyaksagan™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Built with Blogger Templates.